LIGA 4 Dipercaya Angkat Standar Sepakbola Indonesia, Ini Kata Erick Tohir!

- 10 Juni 2024, 23:24 WIB
Erick Tohir Sebut Liga 4 merupakan inovasi mengangkat standar sepakbola Indonesia
Erick Tohir Sebut Liga 4 merupakan inovasi mengangkat standar sepakbola Indonesia /PSSI/

MARAWATALK- PSSI melansir sebuah transformasi mendalam akan segera dilaksanakan dalam struktur Liga Indonesia. Lebih dari sekadar perubahan di tingkat manajerial dan penyelenggaraan Liga yang akan dikelola oleh PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), ada desakan kuat untuk membentuk Liga 4 sebagai langkah inovatif untuk mengangkat standar sepak bola Indonesia.

Rencana untuk mengadakan kompetisi Liga 4 dalam dua tahun ke depan diharapkan menjadi tonggak penting dalam meningkatkan kualitas sepak bola di negara ini.

Wacana tersebut disampaikan oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dalam pembukaan Kongres Biasa PSSI 2024 di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Senin 10 Juni 2024. Kongres Biasa PSSI tahun ini dihadiri oleh 31 perwakilan asosiasi provinsi (asprov), 15 perwakilan dari Liga 1, 12 dari Liga 2, dan 13 tim dari Liga 3, serta empat perwakilan dari asosiasi lainnya.

"Liga harus bisa bertransformasi. Ada yang salah jika liga kita sekarang nomor 28 di Asia dan nomor 6 di Asia Tenggara. Jika liga 1 dan 2 harus bertransformasi, maka liga 3 dan 4 harus terus didorong dengan perbaikan manajemen liga. Oleh sebab itu saya minta seluruh stakeholder mendukung niat baik ini. Harus ada terobosan. Jika ada yang tidak mau, ya jangan salahkan jika tertinggal," ujar Erick dikutip dari PSSI.

Tak hanya itu, ia menekankan bahwa keberadaan Liga 4 dapat menjadi platform untuk menemukan bakat-bakat unggul dalam dunia sepak bola Indonesia. Ditegaskan bahwa meskipun kompetisi sepak bola Indonesia telah ada dalam bentuk Liga 1, Liga 2, dan Liga 3, namun masih terdapat kekurangan dalam hal jumlah peserta.

Saat ini, Liga sepak bola Indonesia hanya memiliki tiga tingkat kompetisi, yakni Liga 1, Liga 2, dan Liga 3. Erick berencana untuk menghadirkan Liga 4 sebagai bagian dari strategi untuk mengembangkan sepak bola Indonesia. Salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan daya saing klub-klub Liga 1 pada musim 2024/2025 dengan meningkatkan kuota pemain asing menjadi delapan orang untuk setiap klub.

Baca Juga: PIALA ASIA U23 Ada Anggota Polri Aktif di Timnas Garuda Muda, Siapa Saja dan Apa Pangkatnya?

Hal ini bertujuan agar klub-klub Liga 1 pada musim 2024/2025 dapat bersaing di level Asia, yang pada gilirannya diharapkan dapat meningkatkan peringkat kompetisi sepak bola Indonesia secara keseluruhan.

Terapkan teknologi VAR

PSSI telah memulai sejumlah langkah untuk meningkatkan nilai kompetisi Liga 1 dengan menerapkan teknologi VAR sejak babak Championship Series sebelumnya. Namun demikian, disadari bahwa VAR saja tidak cukup, dan diperlukan beberapa inovasi lanjutan untuk meningkatkan mutu kompetisi ke depan.

"Kami sudah ada VAR tetapi kami harus melakukan perbaikan sistem di kompetisi untuk tahun ini. Ini harus didukung oleh semua stakeholder yang mempunyai niat baik untuk sepak bola Indonesia," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah