WARNING! BMKG Sudah Peringatkan Siaga Hadapi Kekeringan di Sebagian Wilayah Indonesia, Dimana Saja?

- 28 Mei 2024, 19:41 WIB
Potensi kekeringan meteorologis pada musim kemarau di sebagian wilayah Indonesia. Foto : BMKG
Potensi kekeringan meteorologis pada musim kemarau di sebagian wilayah Indonesia. Foto : BMKG /

 

MARAWATALK - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi mengalami kekeringan meteorologis pada musim kemarau, meskipun di sebagian wilayah Indonesia masih mengalami hujan yang berdampak pada bencana hidrometeorologi basah, seperti banjir, banjir bandang, banjir lahar dan longsor.

"Laporan kepada Presiden perihal kondisi iklim dan kesiap-siagaan kekeringan 2024 sudah kami sampaikan agar mendapat atensi khusus Pemerintah sehingga risiko dan dampak yang ditimbulkan dapat diantisipasi dan diminimalisir sekecil mungkin," ungkap Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Jakarta, dikutip dari laman Info Publik, Selasa 28 Mei 2024.

Menurut Dwikorita, mayoritas wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara sudah mengalami Hari Tanpa Hujan (HTH) sepanjang 21-30 hari atau lebih panjang. Selain itu, berdasarkan analisis curah hujan dan sifat hujan yang dilakukan BMKG, menunjukkan bahwa kondisi kering sudah mulai memasuki wilayah Indonesia, khususnya di bagian selatan khatulistiwa.

"Sebagian wilayah Indonesia sebanyak 19 persen dari zona musim sudah masuk musim kemarau dan diprediksi sebagian besar wilayah Jawa, Bali dan Nusa Tenggara segera menyusul memasuki musim kemarau dalam tiga dasarian (30 hari) ke depan. Kondisi kekeringan ini saat musim kemarau akan mendominasi wilayah Indonesia sampai akhir September," paparnya.

Baca Juga: PERUBAHAN IKLIM Kian Nyata, Menteri ESDM Tegaskan lagi Komitmen Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Ini 8 Wilayah Berpotensi Curah Hujan Sangat Rendah, Ada Tanda Kebakaran Hutan?

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyampaikan pandangannya saat High Level Panel sesi ke-15 World Water Forum ke-10 2024 di Nusa Dua, Badung, Bali.
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyampaikan pandangannya saat High Level Panel sesi ke-15 World Water Forum ke-10 2024 di Nusa Dua, Badung, Bali.

Baca Juga: PERUBAHAN IKLIM Masalah Serius Dunia, Indonesia Bagikan Pengalamannya Atasi Isu Berbasis Ketahanan Pangan

Dwikorita, maka daerah dengan potensi curah hujan bulanan sangat rendah dengan kategori kurang dari 50mm per bulan perlu mendapatkan perhatian khusus untuk mitigasi dan antisipasi dampak kekeringan.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah

Sumber: Info Publik


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah