Apa Kelebihan Audio Dolby Atmos? Teknologi Surround 3D yang Ada di Studio Cinema XXI

- 9 Juni 2024, 18:54 WIB
Ilustrasi mendengarkan musik dengan fitur Dolby Atmos, kini tersedia bagi fans Apple Music untuk kualitas audio terbaik.
Ilustrasi mendengarkan musik dengan fitur Dolby Atmos, kini tersedia bagi fans Apple Music untuk kualitas audio terbaik. /Unsplash.com/Bruce Mars/

 

MARAWATALK - Sudah pernah mendengar istilah Dolby Atmos? sebuah teknologi sistem suara kitar atau surround sound, yang bertujuan menyebarkan suara dalam ruang tiga dimensi sehingga bisa menciptakan suara imersif dan mengejutkan.

Dolby Atmos di bioskop Cinema XXI adalah contoh paling umum dari penggunaan teknologi suara ini.

Perangkat elektronik yang dilengkapi fitur Dolby Atmos akan memiliki kualitas audio yang lebih real dan beresolusi tinggi. Suara yang dihasilkan oleh teknologi Dolby Atmos selalu berlama-lama di sekitar kita sehingga dalam kacamata orang awam, efek suara yang hadir karena teknologi ini disebut sebagai suara 3 dimensi (3D).

Sistem suara kitar termutakhir dari Dolby ini pertama kali digunakan pada 2012 pada pemutaran film animasi Disney yang berjudul “Brave” di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat. Sejak saat itu, Dolby Atmos terus digunakan untuk menghadirkan kualitas audio bioskop yang lebih mumpuni.

Di Indonesia, sistem suara kitar mulai hadir pada 2013 di bioskop XXI yang memutar film “The Hunger Games: Catching Fire”. Per April 2019, sebanyak 4.400 bioskop di seluruh dunia telah menggunakan sistem suara Dolby Atmos.

Baca Juga: NOW PLAYING Ini Sinopsis 12 Film yang Lagi Tayang di Cinema XXI Transmart Padang

Ilustrasi Dolby Atmos, Teknologi suara kitar atau surround yang banyak diterapkan di sejumlah peralatan elektronik selain di studio Cinema XXI
Ilustrasi Dolby Atmos, Teknologi suara kitar atau surround yang banyak diterapkan di sejumlah peralatan elektronik selain di studio Cinema XXI Shutterstock

Baca Juga: Kursi Gaming atau Kursi Kantor Mana yang Nyaman? Simak Perbedaannya Disini!

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah