INFO MITIGASI Alokasikan Dana Rp351 juta Tangani Bencana, Dinsos Agam: Perlindungan Masyarakat Prioritas

- 16 Februari 2024, 14:00 WIB
ilustrasi siaga bencana
ilustrasi siaga bencana /

MARAWATALK-Pemerintah Kabupaten Agam melalui dinas sosial (Dinsos) mengalokasikan anggaran sebesar Rp 351,9 juta untuk penanganan bencana di tahun 2024. Langkah tersebut diambil sebagai respon atas kompleksitas bencana alam yang terjadi di wilayah setempat.

Kepala Dinsos Agam, Yunilson mengatakan, pentingnya prioritas keselamatan dan perlindungan masyarakat dalam alokasi dana tersebut. dana akan digunakan guna meningkatkan kesiapsiagaan, dan kapasitas penanggulangan bencana di semua tingkatan pemerintahan.

"Di tahun ini, Pemkab Agam mengalokasikan anggaran sebesar Rp 351,9 juta. Dana ini dianggarkan untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana," ungkap Yunilson Jumat 16 Februari 2024.

Yunilson mengatakan, alokasi anggaran itu merupakan wujud komitmen pihaknya untuk melindungi masyarakat dari ancaman bencana dan memastikan memiliki akses ke layanan dan bantuan yang diperlukan dalam situasi darurat.

"Melalui dana itu akan disalurkan berupa bantuan makanan, sandang, dan bahan pokok lainnya. Bantuan ini merupakan bantuan tanggap darurat bencana, dan diberikan saat ada kebencanaan seperti, kebakaran, banjir, piting beliung, dan lain sebagainya," katanya.

Baca Juga: SIAGA MARAPI Terjadi 5 Kali Letusan Hingga Sabtu Malam, 27 Kali Hembusan Gunung Marapi di Agam

Alokasi Dana Tingkatkan Kemampuan Respon Kebencanaan

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Agam, Yunilson
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Agam, Yunilson

Baca Juga: INFO MITIGASI Potensi Bencana Hidrometeorologi Masih Mengintai Indonesia hingga Februari 2024, Dimana Saja?

Diharapkan, alokasi dana itu dapat meningkatkan kemampuan daerah dalam merespons bencana dengan lebih efektif, efisien, serta mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan pada masyarakat dan ekonomi.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah