Bangun Kawasan Wisata Geopark, Pemkab Pasaman Gandeng ITERA Lampung

- 10 Juni 2023, 21:19 WIB
Wabup Pasaman, Sabar AS terima cendera mata dari Rektor ITERA, Prof Dr, I Nyoman Pugeg Aryantha.
Wabup Pasaman, Sabar AS terima cendera mata dari Rektor ITERA, Prof Dr, I Nyoman Pugeg Aryantha. /Istimewa /

MARAWATALK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman, Sumatera Barat, tampaknya serius mengembangkan kawasan geopark di wilayah nya sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di ranah Bumi Khatulistiwa tersebut.

Hal ini tampak dari upaya Pemkab Pasaman, menjajaki kerjasama pembangunan kawasan geopark yang tengah dikembangkan dengan menggandeng Institut Teknologi Sumatera (ITERA) di Lampung.

Dikutip dari laman Institut Teknologi Sumatera (ITERA), kampus institut teknologi satu satunya di kawasan pulau Sumatera yang berdiri pada 6 Oktober 2014 ini, diminta mendampingi pembangunan kawasan pariwisata geopark yang tengah dikembangkan oleh Pemkab Pasaman.

Baca Juga: Jalan Tani Rusak Parah, Petani di Pasaman Sebut Sering Suarakan Tapi Tak Ditanggapi

“Pendampingan ITERA, melalui berbagai disiplin keilmuan yang dimiliki diharapkan mampu menggali potensi besar Kabupaten Pasaman menjadi salah satu kawasan wisata geopark nasional. Pendukung pembangunan daerah,” ujar Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS, dihadapan Rektor ITERA, Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, dan jajarannya, di kampus ITERA, Kamis, (8/6/2023).

Sabar AS menyampaikan, pengembangan sektor pariwisata memang menjadi salah satu prioritas daerah yang ia pimpin bersama Bupati Benny Utama.

“Hal ini didukung lokasi Pasaman yang berada tepat di garis khatulistiwa, dengan segala potensi alam, geologi, budaya, hingga sejarah,” ungkap Ketua DPC Partai Demokrat Pasaman ini.

Baca Juga: Jelang Penerimaan Didik Baru 2023, Disdik Pasaman Barat: Jangan Ada Pungutan

Dengan potensi tersebut, kata Sabar, Pemkab Pasaman, akan kembangkan sebagai pariwisata berkelanjutan. Nantinya, akan dikelola melalui Badan Pengelola Geopark Equator Pasaman.

Halaman:

Editor: Irfansyah Pasaribu


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x