Jalan Tani Rusak Parah, Petani di Pasaman Sebut Sering Suarakan Tapi Tak Ditanggapi

- 10 Juni 2023, 20:56 WIB
Seorang petani membawa hasil pertaniannya tampak berhati-hati saat melintasi kubangan air di JUT Batu Ampar, Kotanopan Setia yang rusak parah
Seorang petani membawa hasil pertaniannya tampak berhati-hati saat melintasi kubangan air di JUT Batu Ampar, Kotanopan Setia yang rusak parah /Rahmat Wahyudi /

MARAWATALK - Jalan Usaha Tani (JUT) Batu Ampar, Kotanopan Setia, Nagari Lansekkadok Barat, Kecamatan Rao Selatan, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, mengalami kerusakan yang cukup parah. Hal ini berdampak buruk pada mobilisasi warga dalam mengangkut hasil pertanian.

Para petani sangat berharap, pemerintah daerah setempat bisa segera memperhatikan usulan mereka terkait perbaikan jalan usaha tani tersebut. Pasalnya, JUT sangat fital fungsinya untuk mengangkut hasil panen.

“Jalan produksi pertanian dan perkebunan (JUT) ini masih perlu peningkatan, untuk mempermudah kami mengangkut hasil panen, seperti pisang, kakao, sawit, karet dan lain sebagainya,” ucap Anas (56), seorang petani karet dari Beringin, Sabtu (10/6/2023).

Baca Juga: Hujan Lebat, Puluhan Rumah di Rao Selatan Terendam Banjir

Ia mengatakan, bahwa JUT tersebut bukan dinikmati oleh warga di Kotanopan Setia saja. Melainkan, warga dari kampung lain juga. Pasalnya, banyak warga luar yang memiliki usaha kebun di wilayah tersebut.

“Yang berkebun disini bermacam-macam pak. Ada yang dari Panti, Tapus juga dari Rao. Jadi, kalau pun ini nanti dibangun, yang menikmatinya se Pasaman lah,” katanya.

Jalan usaha tani yang mengalami kerusakan parah itu, ternyata sudah lama disuarakan oleh petani setempat.

Baca Juga: Silek Tradisi Minangkabau, Kearifan Lokal Warisan Kemegahan Adat Nusantara

Namun, sejauh ini belum ada ditanggapi. Sehingga mereka sangat berharap kepada pemerintah daerah, agar peduli dan segera dapat memperbaiki jalan tersebut.

Halaman:

Editor: Irfansyah Pasaribu


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x