Wakil Bupati Pessel: Kursus Mahir Dasar Lahirkan Generasi Pramuka Berkarakter

- 8 Juni 2023, 18:59 WIB
Wakil Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rudi Hariansyah poto bersama dengan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Pessel
Wakil Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rudi Hariansyah poto bersama dengan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Pessel /Kiki Julnasri Priatama /

MARAWATALK - Ilmu kepramukaan bukan ilmu simsalabim yang mudah didapat begitu saja. Di dalam Gerakan Pramuka, dituntut melahirkan generasi yang berkarakter dalam kemajuan daerah.

Pernyataan itu disampaikan oleh Wakil Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rudi Hariansyah saat mengisi acara dalam kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD) yang digelar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Sago, Kamis (8/6/2023).

“Ilmu kepramukaan ini, bukan ilmu simsalabim yang mudah didapat begitu saja. Tetapi, pada prakteknya kita akan dilatih untuk mendefinisikan tentang apa yang kita lakukan,” katanya.

Baca Juga: Wabup Pessel Panen Tanaman Jagung Program Manari Yang Digagasnya

Menurutnya dengan mendorong peserta kursus pembina Pramuka yang mahir tingkat dasar mandiri, sehingga akan lahirkan generasi pramuka yang berkarakter dalam kemajuan daerah.

Ia meyakinkan, melalui semangat dan gerakan peserta KMD akan mampu mewujudkan pribadi yang kuat dan memiliki mental yang berkarakter dalam melahirkan semangat gotong royong dalam lingkungan sehari-hari.

Kemudian kata dia, KMD bertujuan untuk menambah dan meningkatkan kompetensi guru dalam bidang pramuka.

Untuk itu diharapkan, para guru melahirkan peserta didik yang berkarakter melalui semangat dalam Gerakan Pramuka.

“Kenapa, karena pramuka ini kan menjadi kurikulum wajib. Jadi, lucu rasanya kalau guru yang mengajarkan itu tidak memiliki kompetensi,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Irfansyah Pasaribu


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x