BPBD dan PMI Pasbar Bersihkan Rumah Tertimpa Pohon Tumbang di Pinaga

- 6 Juni 2023, 15:24 WIB
Tim Kedaruratan BPBD dan Tim Relawan Penanggulangan Bencana Palang Merah Indonesia (PMI) Pasaman Barat, Sumatera Barat, melakukan kegiatan pembersihan rumah masyarakat terdampak bencana angin kencang yang rusak berat akibat tertimpa pohon tumbang yang terjadi pada Senin (05/06) sore.
Tim Kedaruratan BPBD dan Tim Relawan Penanggulangan Bencana Palang Merah Indonesia (PMI) Pasaman Barat, Sumatera Barat, melakukan kegiatan pembersihan rumah masyarakat terdampak bencana angin kencang yang rusak berat akibat tertimpa pohon tumbang yang terjadi pada Senin (05/06) sore. /Rully Firmansyah/Marawatalk/

MARAWATALK--Tim Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama relawan tim penanggulangan bencana Markas Palang Merah Indonesia Pasaman Barat, Sumatera Barat, melaksanakan giat pembersihan terhadap rumah warga yang tertimpa pohon tumbang, Selasa (06/06).

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD setempat, Afrizal, saat dihubungi mengatakan kegiatan itu merupakan tindak lanjut penanganan rumah warga bencana angin kencang di Sungai Abuak Nagari Pinaga, Kecamatan Pasaman.

"Rumah tersebut ambruk nyaris rata dengan tanah setelah tertimpa pohon tumbang akibat cuaca buruk yang terjadi pada Senin sore kemarin, " ungkapnya. 

Baca Juga: BREAKINGNEWS: Dua Rumah Warga Pasbar Tertimpa Pohon Tumbang, Satu Orang Terluka

Pada kegiatan itu, lanjutnya, pihaknya mengerahkan sebanyak enam anggota tim dan dibantu enam relawan PMI serta puluhan masyarakat setempat.

Menurutnya, karena diameter pohon tersebut cukup besar maka pihaknya harus melakukan pemotongan menggunakan mesin pemotong kayu atau chainshaw agar bagian kayu mudah diangkat.

"Melihat kondisi rumah tersebut hampir dipastikan tidak bisa digunakan lagi karena kerusakan cukup berat dengan perkiraan nilai kerugian yang dialami cukup besar, " ulasnya.

Sementara itu, Kepala Markas PMI Pasaman Barat, Rida Warsa STP, melalui koordinator tim penanggulangan bencana PMI Pasaman Barat, Rizky Vernanda SE, mengatakan pada kegiatan itu pihaknya bertindak sebagai tim pendukung.

"Kami juga melakukan assesment guna mengetahui kebutuhan yang mungkin sangat dibutuhkan oleh pihak keluarga terdampak bencana, " sebutnya.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x