Sediakan Call Centre, BKSDA Sumbar Ajak Warga Lestarikan Satwa Dilindungi

- 2 Juni 2023, 11:12 WIB
Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat, saat menerima barang bukti berupa satwa dilindungi jenis kucing hutan yang berhasil dievakuasi dari halaman rumah salah seorang warga di Kabupaten Padang Pariaman, baru-baru ini.
Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat, saat menerima barang bukti berupa satwa dilindungi jenis kucing hutan yang berhasil dievakuasi dari halaman rumah salah seorang warga di Kabupaten Padang Pariaman, baru-baru ini. /Dok BKSDA Sumbar/

MARAWATALK--Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat, mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam melestarikan satwa dilindungi.

Kepala BKSDA Sumbar, Ardi Andono, saat dikonfirmasi di Padang, Jum'at (02/06), mengatakan salah satu caranya adalah dengan apabila melaporkan ke BKSDA Sumbar melalui call center pada nomor telepon 081266131222.

"Jika masyarakat menemukan atau memiliki informasi tentang adanya satwa dilindungi yang memasuki perkampungan dan atau menjadi objek transaksi ilegal silahkan laporkan melalui nomor tersebut atau dapat melaporkan ke pihak berwajib, " imbaunya. 

Ia mencontohkan seperti ditemukannya tiga ekor anak kucing hutan (Prionailurus bengalensis) spesies langka yang terancam punah dalam pekarangan rumah di Kabupaten Padang Pariaman, baru-baru ini. 

Dikatakan, warga yang menemukan itu menyadari bahwa satwa itu adalah satwa yang dilindungi dan mereka segera melaporkan temuan tersebut ke pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

"Evakuasi ketiga anak kucing hutan itu dilakukan oleh BPBD Kabupaten Padang Pariaman dan Tim WRU RKW V Barisan Pariaman BKSDA Sumbar, " ujarnya. 

Ia mengatakan proses evakuasi itu dilakukan dengan sangat hati-hati karena bisa saja satwa tersebut melakukan perlawanan untuk membela diri dan menimbulkan korban luka.

Setelah dievakuasi, lanjutnya, ketiga anak kucing hutan itu langsung dibawa ke Tempat Transit Satwa (TTS) BKSDA Sumbar untuk menjalani observasi dan mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Langkah itu, bertujuan untuk memastikan satwa-satwa ini dapat beradaptasi dengan baik dilingkungan baru serta mendapatkan perawatan yang dibutuhkan.

Halaman:

Editor: Rully Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x