Peringatan Hari Lahir Pancasila, Ini Tanggapan Caleg Milenial DPR-RI asal PAN

- 1 Juni 2023, 16:48 WIB
Caleg DPR-RI Wilayah Sumbar 2, HD Dianovri Harpama
Caleg DPR-RI Wilayah Sumbar 2, HD Dianovri Harpama /MARAWATALK/

MARAWATALK - Tepat hari ini 1 Juni 2023 segenap warga negara Indonesia merayakannya sebagai hari besar nasional lahirnya dasar negara Republik Indonesia, Pancasila yang lahir pada 1 Juni 1945.

Dalam sidang kedua BPUPKI, Presiden Soekarno dalam pidatonya yang bertajuk "Lahirnya Pancasila" menyampaikan gagasannya mengenai konsep awal Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia.

Disamping melaksanakan kegiatan upacara, pada hari ini seluruh kantor milik pemerintah diliburkan secara nasional sebagai salah satu penanda tentang rasa syukur atas tetap terjaganya dasar negara kita itu hingga saat ini.

Ungkapan rasa syukur tersebut salah satunya datang dari salah seorang milenial asal Pasaman Barat, yang saat diusung sebagai salah seorang Calon Anggota Legislatif (Caleg) oleh Partai Amanat Nasional (PAN) untuk DPR RI asal daerah pemilihan Sumatera Barat 2, HD Dianovri Harpama.

Menurutnya, momentum peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 1945 itu patut dijadikan sebagai keteladanan tentang bagaimana Negara Kesatuan Republik Indonesia mampu bersepakat menetapkan satu dasar negara yang menjadi simbol persatuan sekaligus penyatuan berbagai perbedaan sebagai bangsa yang besar dan terdiri dari berbagai adat istiadat.

“Pesan moral ini sangat jelas untuk kami para generasi muda yang kelak akan menjadi penerus cita-cita Bangsa Indonesia, sehingga harus dihayati sebagai falsafah hidup dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Ia menegaskan, sebagai salah anak muda yang mulai meniti karir di bidang politik maka nilai-nilai yang terkandung dalam dasar negara Pancasila wajib menjadi salah satu tolok ukur dalam menggerakkan perjuangan dalam meneruskan cita-cita bangsa.

Bahkan, lanjut HD, sebagai salah satu caleg yang akan berkontestasi pada ajang Pemilu Serentak 2024, ia pun mengaku telah menyelaraskan langkahnya sesuai urutan sila yang termaktub dalam Pancasila.

“Sila Pertama adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, secara individu saya sebelum memutuskan untuk bersedia dicalonkan sebagai Caleg DPR RI terlebih dahulu telah membulatkan niat tulus sebagai anak bangsa untuk tetap berpegang teguh pada prinsip-prinsip agama yang saya anut,” sebutnya.

Halaman:

Editor: Irfansyah Pasaribu


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x